Panduan Cara Membuat Website Terbaru

cara membuat website

Website adalah salah satu media promosi terpopular saat ini dan cara membuat website pun sangat banyak bertebaran diinternet. Website memiliki jangkauan waktu dan ruang yang tak terbatas.

Untuk memperoleh website sebagai media efektif dalam memasarkan produk ataupun menyampaikan informasi, diperlukan penerapan strategi tertentu sehingga kegiatan promosi website yang dilakukan mencapai hasil yg maksimal.

Apapun bisnis anda, pemanfaatan koneksi internet sebagai salah satu media promosi, dapat membantu menjaring konsumen lebih banyak.

Kamu pasti suka sama panduan disni karena:

  • Pemula Banget
    Panduan ini detail, tapi gampang banget untuk di ikuti bahkan buat yang gak ngerti sekalipun.
  • Cepat
    Proses pembuatan website sangat cepat, kamu bisa punya website hanya dalam 1 hari.
  • Selalu Terbaru
    Artikel ini selalu saya review biar selalu cocok dengan perkembangan teknologi IT terbaru.
  • Bantuan Gratis
    Saya menyediakan bantuan konsultasi gratis buat yang memiliki kesulitan membuat website.

 

Langkah-langkah Membuat Website

  1. Memikirkan Tujuan Website
    Apa gunanya memiliki website tanpa tahu arah dan tujuan yang pasti. jadi sebelum kamu mulai membangun sebuah website seharusnya sudah memiliki pandangan website akan dibuat seperti apa.
    Ada beberapa tujuan dari pembuatan Website diantaranya :
     

    • Sarana presentasi Profil Perusahaan yang bisa diakses di seluruh Indonesia dan dunia.
    • Sarana promosi produk dan Jasa.
    • Media Komunikasi antar individu dan saling bertukar informasi misalnya jejaring sosial.
    • Media expresi pribadi maupun kelompok.
    • Menyediakan sarana penyebar Ilmu Pengetahuan.
    • Tempat untuk belajar baik dengan interaktif langsung maupun Forum
    • Sarana berbagi file baik berupa program maupun data.
    • Sebagai alat transaksi Online sehingga memudahkan melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja.

     

     

  2. Riset Pasar
    Kamu juga perlu adanya sebuah riset pasar agar tetap bisa bersaing dengan kompetitor kamu. Dengan adanya riset pasar kamu akan jauh mengungguli mereka. Beriku ini adalah beberapa hal yang dilakukan oleh para profesional ahli pemasaran dalam melakukan riset pasar:

    • Gunakan kelompok target yang spesifik.

    Survey menawarkan cara yang cepat dan efektif dalam mengumpulkan informasi, namun harus dipastikan pula bahwa survey tersebut diisi oleh orang tepat. Dengan mengirimkan survey kepada target pasar yang spesifik, maka hasil survey pun akan lebih tepercaya dan efektif.

    • Memastikan produk yang ditawarkan dapat bersaing di pasar.

    Dengan melihat dari hasil survey, para pelaku bisnis dapat mengumpulkan informasi terkait produk mereka, kepuasan pelanggan, dan yang terutama adalah tingkat penjualan. Lebih lanjut lagi, para pelaku bisnis juga dapat menanyakan hal apa yang ingin diubah oleh para pelanggan pada produk mereka atau bahkan menanyakan kelebihan produk pesaing.

    • Bangun strategi sosial media.

    Dengan pesatnya penggunaan sosial media akhir – akhir ini, peran survey yang disebarkan melalui sosial media pun menjadi penting. Tidak seperti jumlah like atau retweet yang kurang deskriptif, dengan menggunakan survey maka para pelaku bisnis dapat mendapat jawaban yang lebih rinci dan memberikan gambaran yang lebih besar yang akan membantu untuk mengerti kebutuhan pasar. Selain untuk melakukan survey, sosial media juga dapat digunakan untuk memberikan para pelanggan perkembangan terbaru terkait perusahaan dan produk yang ditawarkan.

    • Kumpulkan data demografis pelanggan.

    Sering kali dalam melakukan ekspansi pasar di suatu wilayah baru, para pelaku bisnis perlu mengidentifikasi data demografis para pelanggan. Dengan menggunakan survey, informasi seperti umur, pekerjaan, minat, pendapatan, dan lokasi dapat dikumpulkan dengan mudah. Dengan informasi ini, para pelaku bisnis dapat lebih terhubung dengan pelanggan mereka, dan dapat menargetkan iklan dan program promosi dengan lebih baik. Semua waktu dan sumber daya pun akan lebih terpakai dengan efektif di area yang memang penting bagi para pelanggan.

    • Lakukan segmentasi pasar.

    Segmentasi pasar adalah dimana perhatian diberikan dengan lebih mendalam pada suatu kelompok pasar yang memiliki kesamaan tertentu, seperti umur, gaya hidup, dan geografis. Dengan melakukan segmentasi pasar, maka suatu bisnis dapat melakukan pemasaran dengan lebih baik dan terfokus.

    • Mengukur kesadaran produk atau merek (brand awareness).

    Brand awareness adalah tentang seberapa sadar pasar akan suatu merek produk. Adalah sangat penting untuk suatu bisnis agar pasar mengetahui bahwa suatu produk mereka ada. Lebih lanjut lagi, apakah pasar mempertimbangkan merek tersebut dan memilih produk tersebut dibandingkan produk pesaing. Dengan melakukan survey maka tingkat kesadaran pasar akan suatu merek pun dapat diukur, juga bagaimana kesan pasar terhadap suatu produk, dan apa saja yang perlu diperbaiki.

    • Uji strategi merek dan posisi pasar anda.

    Mengapa beberapa perusahaan sangat disukai oleh para pelanggan? Mengapa para pelanggan tersebut sangat loyal dan tidak tertarik dengan tawaran promosi dari produk pesaing? Salah satunya adalah karena semua merek besar yang sukses selalu mendengarkan pelanggan mereka dan menyesuaikan semua strategi mereka dengan keinginan pelanggan. Melalui survey dan melakukan uji merek maka para pelaku bisnis dapat mengerti dengan lebih baik motivasi pelanggan dan juga preferensi mereka terutama terkait produk pesaing.

     

     

  3. Cara Membuat Website
    Untuk dapat memvisualkan ide-ide kamu dalam bisnis yang kamu geluti. Tanpa adanya visualisasi dalam bisnismu kamu tidak akan pernah bisa bersaing dengan mereka. Diantaranya dengan :
    1. Pemilihan Platform yang handal
    2. Penggunaan tool plugin yang tepat
    3. Konten yang unik
  4. Technik Rahasia
    Anda butuh yang namanya strategi agar dapat cepat dikenal orang lain. Strategi ini mulai dari SEO , SEM, dan Sosial Media.

  5. Perawatan dan Audit Website
    Agar bisnismu bisa tetap berjalan dengan baik, dibutuhkan maintenance website. Biaya maintenance website akan jauh lebih besar dari biaya pembuatannya. Oleh sebab itu anda harus memahami seluk beluk bisnismu.Ada bebeapa tahapan yang perlu kamu lakukan agar audit website tetap terjaga dengan baik :
    1. Mengecek optimasi on-page.
    2. Periksa broken link atau dead page.
    3. Pastikan situs Anda dapat diindeks oleh search engine.
    4. Periksa link profil Anda dan bandingkan dengan pesaing.
    5. Uji kecepatan situs Anda.

Hi ! ingin menanyakan sesuatu seputar website ?
Silahkan hubungi kami

Chat dengan kami di WhatsApp